MEDAN BUNG

Zaman Batu

Posted on: Desember 16, 2008

Zaman ini terbagi menjadi 4 zaman yaitu :

Palaeolithikum (Zaman Batu Tua)

Pada zaman ini alat-alat terbuat dari batu yang masih kasar dan belum dihaluskan.

Contoh alat-alat tsb adalah :

  1. Kapak Genggam, banyak ditemukan di daerah Pacitan. Alat ini biasanya disebut “Chopper” (alat penetak/pemotong).
  2. Alat-alat dari tulang binatang atau tanduk rusa yaitu alat penusuk (belati), ujung tombak bergerigi.
  3. Flakes, yaitu alat-alat kecil yang terbuat dari batu Chalcedon,yang dapat digunakan untuk mengupas makanan.

Alat-alat dari tulang dan Flakes, termasuk hasil kebudayaan Ngandong. Kegunaan alat-alat ini pada umumnya untuk berburu, menangkap ikan, mengumpulkan ubi dan buah-buahan.

Berdasarkan daerah penemuannya maka alat-alat kebudayaan Paleolithikum tersebut dapat dikelompokan menjadi Kebudayaan Pacitan dan Ngandong.

Manusia pendukung kebudayaan ini adalah :

  1. Pacitan : Pithecanthropus dan
  2. Ngandong : Homo Wajakensis dan Homo soloensis.


Mesolithikum (Zaman Batu Tengah)

Ciri zaman Mesolithikum :

  1. Alat-alat pada zaman ini hampir sama dengan zaman Palaeolithikum.
  2. Ditemukannya bukit-bukit kerang dipinggir pantai yang disebut “kjoken modinger” (sampah dapur) Kjoken =dapur, moding = sampah).

Alat-alat zaman Mesolithikum :

  1. Kapak genggam (peble)
  2. Kapak pendek (hache Courte)
  3. Pipisan (batu-batu penggiling)
  4. Kapak-kapak tersebut terbuat dari batu kali yang dibelah
  5. Alat-alat di atas banyak ditemukan di daerah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Flores

Alat-alat Kebudayaan Mesolithikum yang ditemukan di gua-gua yang
disebut “Abris Sous Roche” Adapun alat-alat tersebut adalah :

  1. Flaces (alat serpih) , yaitu alat-alat kecil yang terbuat dari batu dan berguna untuk mengupas makanan.
  2. Ujung mata panah,
  3. Batu penggilingan (pipisan),
  4. Kapak,
  5. Alat-alat dari tulang dan tanduk rusa,
  6. Alat-alat ini ditemukan di gua lawa Sampung Jawa Timur (Istilahnya: Sampung Bone Culture = kebudayaan Sampung terbuat dari Tulang)

Tiga bagian penting Kebudayaan Mesolithikum,yaitu :

  1. Peble-Culture (alat kebudayaan Kapak genggam) didapatkan di Kjokken Modinger
  2. Bone-Culture (alat kebudayaan dari Tulang)
  3. Flakes Culture (kebudayaan alat serpih) didapatkan di Abris sous Roche

Manusia Pendukung Kebudayaan Mesolithikum adalah bangsa Papua –
Melanosoid.


Neolithikum (Zaman Batu Muda)

Pada zaman ini alat-alat terbuat dari batu yang sudah dihaluskan.

Contoh alat tersebut :

  1. Kapak Persegi, misalnya Beliung, Pacul dan Torah untuk mengerjakan kayu. Ditemukan di Sumatera, Jawa, bali, Nusatenggara, Maluku, Sulawesi dan Kalimantan
  2. Kapak Bahu, sama seperti kapak persegi ,hanya di bagian yang diikatkan pada tangkainya diberi leher. Hanya di temukan di Minahasa
  3. Kapak Lonjong, banyak ditemukan di Irian, Seram, Gorong, Tanimbar, Leti, Minahasa dan Serawak
  4. Perhiasan ( gelang dan kalung dari batu indah), ditemukan di jawa
  5. Pakaian (dari kulit kayu)
  6. Tembikar (periuk belanga), ditemukan di daerah Sumatera, Jawa, Melolo(Sumba)

Manusia pendukung Kebudayaan Neolithikum adalah bangsa Austronesia (Austria) dan Austro-Asia (Khmer –Indochina).


Megalithikum (Zaman Batu Besar )

Hasil kebudayaan zaman Megalithikum adalah sebagai berikut :

  1. Menhir, adalah tugu batu yang didirikan sebagai tempat pemujaan untuk memperingati arwah nenek moyang
  2. Dolmen, adalah meja batu, merupakan tempat sesaji dan pemujaan kepada roh nenek moyang, Adapu;a yang digunakan untuk kuburan
  3. Sarchopagus atau keranda, bentuknya seperti lesung yang mempunyai tutup
  4. Kubur batu/peti mati yang terbuat dari batu besar yang masing-masing papan batunya lepas satu sama lain
  5. Punden berundak-undak, bangunan tempat pemujaan yang tersusun bertingkat-tingkat


Cara manusia purba mengumpulkan makanan bagi mereka sendiri :

FOOD GATHERING

Ciri zaman ini adalah :

  1. Mata pencaharian berburu dan mengumpulkan makanan
  2. Nomaden, yaitu Hidup berpindah-pindah dan belum menetap
  3. Tempat tinggalnya di gua-gua

Alat-alat yang digunakan terbuat dari batu kali yang masih kasar,
tulang dan tanduk rusa. Zaman ini hampir bersamaan dengan zaman batu tua (Palaeolithikum) dan zaman batu tengah (Mesolithikum).

FOOD PRODUCING

Ciri zaman ini adalah :

  1. Telah mulai menetap
  2. Pandai membuat rumah sebagi tempat tinggal
  3. Cara menghasilkan makanan dengan bercocok tanam atau berhuma
  4. Mulai terbentuk kelompok-kelompok masyarakat
  5. Alat-alat terbuat dari kayu,tanduk,tulang, bambu,tanah liat dan batu
  6. Alat-alatnya sudah diupam/diasah

Zaman bercocok tanam ini bersamaan dengan zaman Neolithikum (zaman batu muda) dan Zaman Megalithikum (zaman batu besar).

Pembabakan Zaman Prasejarah berdasarkan Arkeologi Arkeologi adalah ilmu yang mempelajari kehidupan masa lampau melalui benda-benda artefak. Dari hasil penelitian para ahli arkeologi, maka tabir kehidupan masyarakat prasejarah Indonesia dapat diketahui.

Berdasarkan penggalian arkeologi maka prasejarah dapat dibagi menjadi 2 zaman, seperti pada uraian materi berikut ini :


A. Zaman Batu

Zaman batu menunjuk pada suatu periode di mana alat-alat kehidupan manusia umumnya dominan terbuat dari batu, walaupun ada juga alat-alat tertentu yang terbuat dari kayu dan tulang. Dari alat-alat peninggalan zaman batu tersebut, melalui Metode Tipologi (cara menentukan umur berdasarkan bentuk atau tipe benda peninggalan), maka zaman batu dibedakan lagi menjadi 3 periode, yaitu:

1. Batu Tua/Palaeolithikum

Merupakan suatu masa di mana alat-alat hidup terbuat dari batu kasar dan belum diasah/diupam, sehingga bentuknya masih sederhana. Contohnya: kapak genggam.

2. Batu Tengah Madya/Mesolithikum

Merupakan masa peralihan di mana cara pembuatan alat-alat kehidupannya lebih baik dan lebih halus dari zaman batu tua. Contohnya: Pebble/Kapak Sumatera.

3. Batu Muda/Neolithikum

Merupakan suatu masa di mana alat-alat kehidupan manusia dibuat dari batu yang sudah dihaluskan, serta bentuknya lebih sempurna dari zaman sebelumnya. Contohnya: kapak persegi dan kapak lonjong.


B. Zaman Logam

Perlu ditegaskan bahwa dengan dimulainya zaman logam bukan berarti berakhirnya zaman batu, karena pada zaman logampun alat-alat dari batu terus berkembang bahkan sampai sekarang. Sesungguhnya nama zaman logam hanyalah untuk menyatakan bahwa pada zaman tersebut alat-alat dari logam telah dikenal dan dipergunakan secara dominan. Zaman logam disebut juga dengan zaman perundagian.

Perkembangan zaman logam di Indonesia berbeda dengan di Eropa, karena zaman logam di Eropa mengalami 3 fase/bagian, yaitu zaman tembaga, zaman perunggu, dan zaman besi. Sedangkan di Indonesia khususnya dan Asia Tenggara umumnya tidak mengalami zaman tembaga tetapi langsung memasuki zaman perunggu dan besi secara bersamaan. Dan hasil temuan yang lebih dominan adalah alat-alat dari perunggu sehingga zaman logam disebut juga dengan zaman perunggu.

About these ads

58 Tanggapan to "Zaman Batu"

Promosikan artikel anda di http://www.infogue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur http://www.infogue.com/info/cinema/& http://www.infogue.com/game_online & http://www.infogue.com/kamus untuk para netter Indonesia. Salam!

http://arkeologi.infogue.com/zaman_batu

tQ, atas respon yg anda berikan dan aQ akan coba promosikan artikel2 aQ serta
menikmati fitur yg anda berikan di http://www.infogue.com.
Salam,

Salam Kenal! Artikelnya cukup menarik & berguna. Khususnya dalam perkembangan ilmu pengetahuan. THX :-)

Salam kenal juga Chika, mudah 2x artikel 2x IP dari MedanBung terus akan saya
perbarui untuk membantu siswa-siswi yang akses ke blog saya.

Terima kasih,
MedanBung

artikel ini sangat membantuku dalam pengerjaan tugas sejarah

thanx very much

thanks y ! bergna wad pel sjarah .
tp qo gk ada gmbrna ? ? aku sngt btuh gmbr2 btu pd zaman itu . wad tugas ni . hehe . .

artikelnya bagus, lbh bgus lg klo di+ gambarnya. ^_^

artike nie tepat bgt y. , ,
artikel nie ngbantu gw bgt

keren bgt

thanx dh bantu gue..
tugas gue slesai..

masih g perfec ini artikel trus masih banyak bgt kekurngan nya belum mencakup semua isi tentng zaman prasejarah trus di tambah lagi g ada foto-foto hasil kebudayaan zama prasejarah…….
masih harus banyak belajar lagi lw KK

makasih ya! dengan artikel ini aku bisa ngej. tugas sejarah.

neh seh dha di buku sejarah w semua . . . . . . .

Thx ya bbuat info nya,….artikel nya udah
cukup lengkap,….dan bermanfaat…….apa lagi buat pelajaran sejarah,…

,….

makasih ya….
berkat info in tugas sejarah gue
jadi selesai tepat waktu…..

bwt tugas aq sich bgus . tpi sayang ga’ da gmbar nya .

wachhh,,,,akhir’a clecai juga artikel sejarah’a!!!!!
thuankz yachhh…..
lumayan tux memprluas pengetahuan tentang sejarah…

thanks bgt……ini mbantu bgt bwat nyelesaiin tgs sejarah…..

thx tinggal copy paste

baeegoees bgt!!!!!!!!

mengapa ngak ada pengaruh zaman batu madya di asia ya…..

wew

good

aduh,,
kurang jelas
lain kali berikan informasi lengkap dong
susah tau cari informasi ini d web??

Makasih infonya,cocok buat tugas sejarahku.

mkasiiih buangeet udaa bntuu tugass sejarah …
wloopuun masiih banyak yang kurang?

terimakasih artikelnyaa, aku bisa ngerjain tugas sekarang :)

kok zaman logamnya cuma segitu ya?

thaNks ea artikelnya,, skrang tgas sjrh aq dh slesai ne…..

akhirnya aku tau apa pengertian tentang macam2 batu.

thanks

aq bkan cMan pngen tw di mjalah internet dlll…..
tp aq ingin lhat yg asli_x…….. :(

wah ad na in jdi gampanq buadh liat info” prasejarah dgn gampanq. jde klo ad tgs ips lbh gampanq cari na. :)

bagusss ..
tapi kok gak ada fotonya ???

kok gak ada ciri – ciri zaman batu muda ???

g’ lengkap cuyyy…..

itu aku yg nulis

zaman tntang kjoken modinger nya kurang lnkap…
di lngkapin lagi yhaa:D

woyyyyy kerreen….!
,jka dtambah dgn gambar jenis perlatannya,,,,,,,,,,,,,psty kan tmbah kren

ga ada gambar nya ya

thanks yaa, bantu banget buat pelajaran sejarah :)

nebantu pelajaran sejarah :)

Lumayan …. Lebih giat lagi ya …. :-)

MeMbaNtu rasa penasaran q HABisss OK!!lahhh DPEEt nlaY GooD

kok gk da gambar nya
pdahan aq mw ambil gmbar nya

hemm, bisa bantu tugas gue nich…
nie nomer gue
087854080504

gambarnya mana?

Thank You yah… pr ku udah selesai nih! semoga aja nilai ku 100!

kk bahasanya di singkat singkat saya kagak ngerti tapi thank’s buat infonya

nga ada gambarnya cuyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyy

yang ku butuh kan bukan alatnya tpy contohnya :(

bisa bisa jadi gila niiiii

tambahin tentang peninggalan zaman batu besar

good thnk

akhirnya nemu juga

jawaban yang benar mana?

picetantropus tu apa ya??? hmmmmm…………. bingung

huh……………………………………………..huh…..tuh………………………………………………huh……………………….
apa sih mau kamu tuh? duhhh kahh. pusing dehhhhh!!!!!
iiiihhhhh-_- ;) ;( :p zaman batu kan pitechan tropulious loh
sala waawwwwllll dididdidiidh

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: