MEDAN BUNG

Proses Masuk dan Berkembangnya Pengaruh Hindu-Buddha di Indonesia

Posted on: Desember 17, 2008

Pada permulaan tarikh masehi, di Benua Asia terdapat dua negeri besar yang tingkat peradabannya dianggap sudah tinggi, yaitu India dan Cina. Kedua negeri ini menjalin hubungan ekonomi dan perdagangan yang baik. Arus lalu lintas perdagangan dan pelayaran berlangsung melalui jalan darat dan laut. Salah satu jalur lalu lintas laut yang dilewati India-Cina adalah Selat Malaka. Indonesia yang terletak di jalur posisi silang dua benua dan dua samudera, serta berada di dekat Selat Malaka memiliki keuntungan, yaitu:

  1. Sering dikunjungi bangsa-bangsa asing, seperti India, Cina, Arab, dan Persia,
  2. Kesempatan melakukan hubungan perdagangan internasional terbuka lebar,
  3. Pergaulan dengan bangsa-bangsa lain semakin luas, dan
  4. Pengaruh asing masuk ke Indonesia, seperti Hindu-Budha.

Keterlibatan bangsa Indonesia dalam kegiatan perdagangan dan pelayaran internasional menyebabkan timbulnya percampuran budaya. India merupakan negara pertama yang memberikan pengaruh kepada Indonesia, yaitu dalam bentuk budaya Hindu. Ada beberapa hipotesis yang dikemukakan para ahli tentang proses masuknya budaya Hindu-Buddha ke Indonesia.

1. Hipotesis Brahmana

Hipotesis ini mengungkapkan bahwa kaum brahmana amat berperan dalam upaya penyebaran budaya Hindu di Indonesia. Para brahmana mendapat undangan dari penguasa Indonesia untuk menobatkan raja dan memimpin upacara-upacara keagamaan. Pendukung hipotesis ini adalah Van Leur.

2. Hipotesis Ksatria

Pada hipotesis ksatria, peranan penyebaran agama dan budaya Hindu dilakukan oleh kaum ksatria. Menurut hipotesis ini, di masa lampau di India sering terjadi peperangan antargolongan di dalam masyarakat. Para prajurit yang kalah atau jenuh menghadapi perang, lantas meninggalkan India. Rupanya, diantara mereka ada pula yang sampai ke wilayah Indonesia. Mereka inilah yang kemudian berusaha mendirikan koloni-koloni baru sebagai tempat tinggalnya. Di tempat itu pula terjadi proses penyebaran agama dan budaya Hindu. F.D.K. Bosch adalah salah seorang pendukung hipotesis ksatria.

3. Hipotesis Waisya

Menurut para pendukung hipotesis waisya, kaum waisya yang berasal dari kelompok pedagang telah berperan dalam menyebarkan budaya Hindu ke Nusantara. Para pedagang banyak berhubungan dengan para penguasa beserta rakyatnya. Jalinan hubungan itu telah membuka peluang bagi terjadinya proses penyebaran budaya Hindu. N.J. Krom adalah salah satu pendukung dari hipotesis waisya.

4. Hipotesis Sudra

Von van Faber mengungkapkan bahwa peperangan yang tejadi di India telah menyebabkan golongan sudra menjadi orang buangan. Mereka kemudian meninggalkan India dengan mengikuti kaum waisya. Dengan jumlah yang besar, diduga golongan sudralah yang memberi andil dalam penyebaran budaya Hindu ke Nusantara.

Selain pendapat di atas, para ahli menduga banyak pemuda di wilayah Indonesia yang belajar agama Hindu dan Buddha ke India. Di perantauan mereka mendirikan organisasi yang disebut Sanggha. Setelah memperoleh ilmu yang banyak, mereka kembali untuk menyebarkannya. Pendapat semacam ini disebut Teori Arus Balik.

Pada umumnya para ahli cenderung kepada pendapat yang menyatakan bahwa masuknya budaya Hindu ke Indonesia itu dibawa dan disebarluaskan oleh orang-orang Indonesia sendiri. Bukti tertua pengaruh budaya India di Indonesia adalah penemuan arca perunggu Buddha di daerah Sempaga (Sulawesi Selatan). Dilihat dari bentuknya, arca ini mempunyai langgam yang sama dengan arca yang dibuat di Amarawati (India). Para ahli memperkirakan, arca Buddha tersebut merupakan barang dagangan atau barang persembahan untuk bangunan suci agama Buddha. Selain itu, banyak pula ditemukan prasasti tertua dalam bahasa Sanskerta dan Malayu kuno. Berita yang disampaikan prasasti-prasasti itu memberi petunjuk bahwa budaya Hindu menyebar di Kerajaan Sriwijaya pada abad ke-7 Masehi.

Masuknya pengaruh unsur kebudayaan Hindu-Buddha dari India telah mengubah dan menambah khasanah budaya Indonesia dalam beberapa aspek kehidupan.


1. Agama

Ketika memasuki zaman sejarah, masyarakat di Indonesia telah menganut kepercayaan animisme dan dinamisme. Masyarakat mulai menerima sistem kepercayaan baru, yaitu agama Hindu-Buddha sejak berinteraksi dengan orang-orang India. Budaya baru tersebut membawa perubahan pada kehidupan keagamaan, misalnya dalam hal tata krama, upacara-upacara pemujaan, dan bentuk tempat peribadatan.

2. Pemerintahan

Sistem pemerintahan kerajaan dikenalkan oleh orang-orang India. Dalam sistem ini kelompok-kelompok kecil masyarakat bersatu dengan kepemilikan wilayah yang luas. Kepala suku yang terbaik dan terkuat berhak atas tampuk kekuasaan kerajaan. Oleh karena itu, lahir kerajaan-kerajaan, seperti Kutai, Tarumanegara, dan Sriwijaya.

3. Arsitektur

Salah satu tradisi megalitikum adalah bangunan punden berundak-undak. Tradisi tersebut berpadu dengan budaya India yang mengilhami pembuatan bangunan candi. Jika kita memperhatikan Candi Borobudur, akan terlihat bahwa bangunannya berbentuk limas yang berundak-undak. Hal ini menjadi bukti adanya paduan budaya India-Indonesia.

4. Bahasa

Kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia meninggalkan beberapa prasasti yang sebagian besar berhuruf Pallawa dan berbahasa Sanskerta. Dalam perkembangan selanjutnya bahkan hingga saat ini, bahasa Indonesia memperkaya diri dengan bahasa Sanskerta itu. Kalimat atau kata-kata bahasa Indonesia yang merupakan hasil serapan dari bahasa Sanskerta, yaitu Pancasila, Dasa Dharma, Kartika Eka Paksi, Parasamya Purnakarya Nugraha, dan sebagainya.

5. Sastra

Berkembangnya pengaruh India di Indonesia membawa kemajuan besar dalam bidang sastra. Karya sastra terkenal yang mereka bawa adalah kitab Ramayana dan Mahabharata. Adanya kitab-kitab itu memacu para pujangga Indonesia untuk menghasilkan karya sendiri. Karya-karya sastra yang muncul di Indonesia adalah:

  1. Arjunawiwaha, karya Mpu Kanwa,
  2. Sutasoma, karya Mpu Tantular, dan
  3. Negarakertagama, karya Mpu Prapanca.


Agama Hindu

Agama Hindu berkembang di India pada ± tahun 1500 SM. Sumber ajaran Hindu terdapat dalam kitab sucinya yaitu Weda. Kitab Weda terdiri atas 4 Samhita atau “himpunan” yaitu:

  1. Reg Weda, berisi syair puji-pujian kepada para dewa.
  2. Sama Weda, berisi nyanyian-nyanyian suci.
  3. Yajur Weda, berisi mantera-mantera untuk upacara keselamatan.
  4. Atharwa Weda, berisi doa-doa untuk penyembuhan penyakit.

Di samping kitab Weda, umat Hindu juga memiliki kitab suci lainnya yaitu:

  1. Kitab Brahmana, berisi ajaran tentang hal-hal sesaji.
  2. Kitab Upanishad, berisi ajaran ketuhanan dan makna hidup.

Agama Hindu menganut polytheisme (menyembah banyak dewa), diantaranya Trimurti atau “Kesatuan Tiga Dewa Tertinggi” yaitu:

  1. Dewa Brahmana, sebagai dewa pencipta.
  2. Dewa Wisnu, sebagai dewa pemelihara dan pelindung.
  3. Dewa Siwa, sebagai dewa perusak.

Selain Dewa Trimurti, ada pula dewa yang banyak dipuja yaitu Dewa Indra pembawa hujan yang sangat penting untuk pertanian, serta Dewa Agni (api) yang berguna untuk memasak dan upacara-upacara keagamaan. Menurut agama Hindu masyarakat dibedakan menjadi 4 tingkatan atau kasta yang disebut Caturwarna yaitu:

  1. Kasta Brahmana, terdiri dari para pendeta.
  2. Kasta Ksatria, terdiri dari raja, keluarga raja, dan bangsawan.
  3. Kasta Waisya, terdiri dari para pedagang, dan buruh menengah.
  4. Kasta Sudra, terdiri dari para petani, buruh kecil, dan budak.

Selain 4 kasta tersebut terdapat pula golongan pharia atau candala, yaitu orang di luar kasta yang telah melanggar aturan-aturan kasta.

Orang-orang Hindu memilih tempat yang dianggap suci misalnya, Benares sebagai tempat bersemayamnya Dewa Siwa serta Sungai Gangga yang airnya dapat mensucikan dosa umat Hindu, sehingga bisa mencapai puncak nirwana.


Agama Buddha

Agama Buddha diajarkan oleh Sidharta Gautama di India pada tahun ± 531 SM. Ayahnya seorang raja bernama Sudhodana dan ibunya Dewi Maya. Buddha artinya orang yang telah sadar dan ingin melepaskan diri dari samsara.

Kitab suci agama Buddha yaitu Tripittaka artinya “Tiga Keranjang” yang ditulis dengan bahasa Poli. Adapun yang dimaksud dengan Tiga Keranjang adalah:

  1. Winayapittaka : Berisi peraturan-peraturan dan hukum yang harus dijalankan oleh umat Buddha.
  2. Sutrantapittaka : Berisi wejangan-wejangan atau ajaran dari sang Buddha.
  3. Abhidarmapittaka : Berisi penjelasan tentang soal-soal keagamaan.

Pemeluk Buddha wajib melaksanakan Tri Dharma atau “Tiga Kebaktian” yaitu:

  1. Buddha yaitu berbakti kepada Buddha.
  2. Dharma yaitu berbakti kepada ajaran-ajaran Buddha.
  3. Sangga yaitu berbakti kepada pemeluk-pemeluk Buddha.

Disamping itu agar orang dapat mencapai nirwana harus mengikuti 8 (delapan) jalan kebenaran atau Astavidha yaitu:

  1. Pandangan yang benar.
  2. Niat yang benar.
  3. Perkataan yang benar.
  4. Perbuatan yang benar.
  5. Penghidupan yang benar.
  6. Usaha yang benar.
  7. Perhatian yang benar.
  8. Bersemedi yang benar.

Karena munculnya berbagai penafsiran dari ajaran Buddha, akhirnya menumbuhkan dua aliran dalam agama Buddha yaitu:

  1. Buddha Hinayana, yaitu setiap orang dapat mencapai nirwana atas usahanya sendiri.
  2. Buddha Mahayana, yaitu orang dapat mencapai nirwana dengan usaha bersama dan saling membantu.

Pemeluk Buddha juga memiliki tempat-tempat yang dianggap suci dan keramat yaitu:

  1. Kapilawastu, yaitu tempat lahirnya Sang Buddha.
  2. Bodh Gaya, yaitu tempat Sang Buddha bersemedi dan memperoleh Bodhi.
  3. Sarnath/ Benares, yaitu tempat Sang Buddha mengajarkan ajarannya pertama kali.
  4. Kusinagara, yaitu tempat wafatnya Sang Buddha.
About these ads

147 Tanggapan to "Proses Masuk dan Berkembangnya Pengaruh Hindu-Buddha di Indonesia"

Thank you For Your Information. This is very clear!!!

sebaiknya ditambah dengan peta persebarannya di asia

wow,,,
keren…
thx iia…

thank you….

thanks for your informations

very good,tapi lebih baik diberi tambahan seerti gambar, peta persebarannya. yah… pokoknya thanks banget

tHANk’s for your information ,this the best
the result is Very NICE !!

Woi mana Petanya??????

thanks,,bget

aduhhhh……!!!!

teori’a mana…….,,,,,,?????

gag lengkap

Thanks !
Informasinya sangat bagus dan sesuai kebutuhan saya,
namun akan lebih baik lagi bila dibuat lebih menarik dan disajikan gambar2 yang berhub. dengan artikel.

it’s a wonderfull information.
thank’s for your information………

thanks ya…. ngebantu banget………

makase yach, hatur nuwun

ditambahin petanya dwonk,,,,,,,,biar lebih lengkap..

lengkap. tapi petanya ada ga

kurang lengkap sebaiknya lebih lengkap lagi supaya sesuaidengan kebutuhan

sebenarnya ini masih belum lengkap, Coz kata my teacher hipotesis masuknya hindu budha di indonesia itu ada lima……
but ini juga lumayan lengkap.

thanks for the information

thanks 4 the information!!!!!!!

GBU

butuh pentanya..
tapi sip lah..

good!!!! if ada petanya….

semuanya sangat jelas banget tapi kurang petanya!!!!!!

Bgs ,kren,lengkp,thank for information

mana petanya,,,,,
di tambah seharusny,,

bagushhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh
bggt
kokkk

bleh nitip salam ga salam nya buat seluruh masivers,ungu qliquers, fivers ajah di seluruh pelosok dunia

wahhh kurang komplit euy!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

hoyong nu komplit deui……………

woi……..

kurang lengkap…

petanya mana???

makasih informasinya..

tapi saya ada pertanyaan:

usaha agama hindu dan budha dalam mengembangkan agamanya bagaimana?

Thx yaw ni brguna bGet wat aq…

mantebb !!!

mkasi bgd yaa..
cocok neh buat tugas !! :D

copy dr lks ya

wow!!!..very good>>>

telah membantu tugas remed q

kan proses’
mestinya da peta’a donk,,

proses masuk’a agama hindu_buddha gmna ‘

tpii penjelasan’a dah lengkap lah’
;))

thank’s

baik….
tapi tolong disertakan gambar petanya ok…

good bgt. tapi lebih bgs klo da time line nya.

lebih baik untuk informasinya di leng kapi lagi

LEBIH BAIK DI KASIH KETERANGAN TENTANG APA YANG DITAMPILKAN TQ…

ma kasih ya buat tugas sejarah

wah parah teorinya g da!!!

Lebih lengkap lagi ya >_<

informasinya sangat bagus, tapi tidak memenuhi apa yang saya cari. Saya mencari “Masuknya Agama Hindu-Buddha ke Nusantara Melalui Jalur Darat dan Jalur Utara”.

em……,cukup bagus kok,tp kok cama ya ma di paket q..!!!
ada yg kurang lengkap nih..^tolong perbaiki lagi zow**

asiikkkk……
buat kliping saya ….
udah cukup (mungkin)…

Yang aku cari itu GAMBAR PETA masuknya agama hindu-budha ke Indonesia melalui jalur darat! Ditambahin gambar peta nya dong!!!

tlg bedakan catur warna dan kasta itu!!! krna dlam ajaran weda (agama Hindu) tidak mengenal yang namanya kasta yang dikenal hanya warna. kasta itu muncul dari upaya orang arya untuk memisahkan diri dengan bangsa dravida. but lumayan jg infonya, dapat nambah wawasan bagi yang membutuhkannya,,,thank’s.

ckp bgt tuh informasihnya kta mank hrus blajar dri internet supaya kita lbih luas otak kita
hehehehehehehe

informasinya bagus . . :) . ., hanya saya jga butuh gambar . ., tapi terimakasih . . :D

budhaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

thanks informasinya,baguuus

thx infonya……

petanya mane om??

thank for information,,,,,,

sngat mmbantu saya…………….

kerennn…
tpi mwnya ada gmbar yg mndukung…
*_^

fakta dan asumsinya apa ?

thanks…………

Mana peta persebaran a9ma hindu&budha ZzA

o……….. gtu tu……………………..

trsssssssssss pengertian dri jman btu pa lo????????????????

cukup lengkap… pas untuk teori UAS 1..

Kok artikelnya yang hipotesis hampir sama dengan buku sejarah kelas 7 penerbir yudhistira ya…….

Kok artikelnya yang hipotesis hampir sama dengan buku sejarah kelas 7 penerbir yudhistira ya…….

thank yua

informasinya sangat bagus dan bisa buat saya jadikan majalah dan saya jual ke penerbit

kok gak ada nama candinya

saya berterimah kasih atas bantuan ini untuk dapat menyelesaikan tugas saya DON’T FORGET ME , ME LOVE LDII , FOREVER LOVE

Cari lagi dund sejarah Hindu Budha yg Banyak,,,,,!!!!!!!!!!

harus’a ad peta persebaran’a

thanks for information
it’s very good to “task group”

notice:
“please add this information more complete”

so I do not trouble in finding job

mana gambar jalur peta dunianya??????

very nice god good good good good

help I was doing my history

isixkok nggak lengkap sich

thanks for information :)
this is very clear !!

kurang menarik

thanks ya….
bnyak ilmu nie disinie

Thanks ya… ak jd bsa ngerjain tugas

makasih ya informasinya :)

mana gambar’a!!!
g’lengkap!!!!

aduh teori nya mana?

thank’s ya aku jdi bisa ngerjaiin tgas :)

thank’s :)

izin share di blog aku,ya… :)

makasih…………….infonya menolong saya……….

thank you very much :) ..

Thanks so much..
Jadi bisa bantu kakak ngerjain pr.

tanks atas materinya yah????????? aku sangat terbantu dalam ngerjain tugas……….. tapi tolong yah dilengkapin lagi and diperjelas dikit yah???? al’x kurang ngerti dengan susunannya………

kelemahan dan kelebihan tiap-tiap hipotesisnya mana?

good job,,
kembangkan ^_^

trimakasih pengetahuanny :)

menurut gw ni krng lengkap … hal ini harus di perlengkap utk mendapatkan informasi yg lebih … oh ya thanks atas informasi yg ada

Informasinya udah cukup ngebantu PR gue.. hehehe 8)

saya ingin yang sudah di ringkas tentang masuknya hindhu-budha ke indo

saya ingin tahu yang sudah di ringkas tentang masuknya hindhu-budha ke indo

mana ciri” teori masuknya kebudayaan hindu budha ??

mana ciri” 6 teori masuknya kebudayaan hindu budha nya ??

tambah contoh peninggalannya donk.
thanks.

i’m very very happy to information

nice.. jd bs blajar buat ul sjarah :)

let the game begin!!!!!

mkch sa9act mmbntu skali

makasih banget yah,
ini bisa dibilang udah hampir lengkap.
lumayan buat ambahan belajar buat ulangan ..
haha ..

makasih banget yah,
ini bisa dibilang udah hampir lengkap.
lumayan buat ambahan belajar buat ulangan ..
haha ..
:D <3 ;)

mnjadi bahan ajar yg bagus…………
i like it,,

artikel yg mnambah wawasan..,,

Thangkz ni smuwa memang sngt membanggakan akhirnya nilai sejarah ku 100 it’s amaizing .. :>

so cool..
waw

kurang lengkap….diharapkan lebih lengkap lagi

kurang lengkap terlalu bertele-tele

kurang bener
agama budhanya kepanjangan
kurang brguna
klo budha mah ak dh tau
tinggal hindunya tuh

kalau di beri peta dan keterangan nya mungkin akan lebih lengkapa lagi………….

ditambah lagi zzzzzzzzzzzzzzzzaaaaaaaaaaaaaa
biar tambah lengkap oce!!!!

paan tuch ga lengkap…..!! gambarnya ga da…!!

ini sejarah apa pelajaran agama budha? kalo proses masuknya Islam kenapa gak dicantumkan Rukun Ima, Rukun Islam sekalin?

yg bagus atth dan lbh jelas attthh biar asyik biar kya lagu ayu ting teng

allhamdulilah yah sesuatu by;ahmad cibulakan

galau nih -_____-

khur4ng lHeng khap dech
muacyhhh

kok g lngkp sich………..

makasih udha bantuin gueeee… :)

thank’s banget ….
tp, coba aj d tmbah am gmbr-gmbr x …

kurang lengkap, sebab gk ada peta !
tpi ud ngebantu bnget kok.
thanks .

thanks frend, sorry tya ku copy tuk ngajar

Keren!
Makasi atas informasinya. tapi, peta persebaranya mana ya?
And request tentang persebaran Nasrani.
Makachie…

perfect..thanks ia :) tugas.qw jadi agak ringan hehehe :D

thanks tugas beres… :)

8)

makasih ya atas bantuannya …..

Gomawo ne ^^

bagus tinggal bikinin artikelnya aja hehehe

makasih udah mau bagi info nya :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


  • Angie Silitonga: wah makasih bgt y MEDANBUNG !!!!!! sgt membantu ak untk ngerjain tugas MULOK & Biologi ak nih !!!! hoahahahaha padahal ak org MEDAN jg lho !!!!
  • Didi Tikus hanya di TPI satu untuk semua: huh.....................................................huh.....tuh......................................................huh..........................
  • Bob si siput: picetantropus tu apa ya??? hmmmmm............. bingung
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: