MEDAN BUNG

Merawat Rambut Agar Tetap Hitam Berkilau

Posted on: Januari 7, 2009

Kecantikan seorang wanita berasal dari keindahan rambutnya. Rambut perlu dimanja dengan perawatan extra untuk mendapatkan nutrisi alami bagi pertumbuhan rambut. Sebelum merawat rambut, terlebih dahulu untuk mengenali jenis rambut yang kita miliki. Rambut memang mahkota wanita. Bagi wanita yang ingin mendapatkan rambut yang hitam berkilau dan tidak cepat beruban, memang hal yang paling diidamkan setiap orang.


Perawatan yang dapat dilakukan

Merawat rambut ternyata bukan persoalan yang mudah. Banyaknya produk perawatan rambut yang ditawarkan tentu membuat Anda bingung, belum lagi beragam tips di berbagai majalah bisa mempengaruhi Anda memperlakukan rambut kesayangan Anda. Sementara itu untuk memelihara keindahan mahkota rambut, Anda dapat mengunakan orang-aring, daun mangkokan, atau lidah buaya. Manfaatkan lendir dari daun lidah buaya untuk pijat kulit kepala agar rambut tumbuh subur hitam dan lebat. Untuk menghindari kerusakan rambut saat dikeringkan, gunakan sisir dengan gigi jarang ketika mengeringkan rambut dengan hairdryer agar rambut tidak mudah terjerat gigi sisir dan patah.

Rambut basah lebih rentan untuk patah dibandingkan rambut yang kering. Jika Anda punya waktu lebih, biarkan rambut mengering sebagian secara alami. Tapi jika Anda tidak punya banyak waktu, serap sebanyak mungkin air pada rambut Anda dengan handuk, lalu keringkan dengan suhu tinggi. Secara gradual, turunkan panas ke medium lalu terakhir ke suhu rendah saat akan selesai. Arahkan panas hairdryer ke arah bawah (ujung rambut) dan jaga jarak secukupnya. Jangan terlalu dekat. Hindari angin panas hairdryer mengenai langsung ke kulit kepala. Ini akan membuat kulit kepala Anda kering dan mengelupas. Panas juga akan membuat kulit kepala terdorong menghasilkan minyak berlebih sehingga membuat rambut lepek. Keringkan lebih dulu bagian bawah rambut, tapi jangan lupa untuk terus menggerak-gerakkan alat pengeringnya. Jika Anda ingin memakai foam, gunakan pada saat rambut masih lembab dan lebih lembab lagi jika rambut Anda keriting. Gunakan temperatur rendah untuk mengeringkan rambut yang halus.


Mengatasi rambut berminyak

Biasanya lengket, lepek dan selalu tampak basah. Rambut berminyak harus dikeramas lebih sering dan hindari penggunaan hair dryer.

* Makanan. Makanan yang Anda makan, seberapa banyak Anda berolah raga untuk menjaga kebugaran tubuh dan juga stres dalam menghadapi kesulitan sehari-hari sangat berpengaruh terhadap produksi minyak di kulit kepala Anda. Coba Anda teliti gaya hidup Anda dan cobalah untuk mengubahnya ke arah yang lebih positip.

* Sampo yang tepat. Perusahaan penghasil sampo melakukan penelitian yang menyeluruh untuk menemukan formulasi sampo yang tepat untuk rambut berminyak. Karena itu pilihlah sampo yang tepat untuk Anda.

* Menggunakan santan. Khasiatnya memang terkenal untuk melembut serta melebatkan rambut. Caranya mudah, ambil kelapa tua dan perah pekat-pekat. Biarkan sejam agar patinya naik, baru disapu pada rambut. Gunakan jari atau sikat bergigi jarang.


Rambut kering

Jenis rambut ini pasti terlihat kusam, kering dan sering kali bercabang. Ketiga, rambut normal. Rambut jenis ini adalah yang ideal karena biasanya hitam berkilau. Untuk rambut kering, sebaiknya keramas 3-5 hari sekali. Kondisi rambut juga dipengaruhi oleh faktor internal, yaitu hormon dan keturunan, tetapi juga disebabkan oleh faktor eksternal, serta penggunaan sampo dan terpaan sinar matahari. Agar memiliki rambut yang indah dan sehat, tambahannya, harus dipakai sampo dan conditioner yang pas dan cocok untuk jenis rambut dan tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit. Untuk perawatan selanjutnya, dapat menggunakan Minyak Cacap Rambut, berfungsi untuk menghaluskan dan menyuburkan rambut sehingga rambut dapat tumbuh dengan baik. Pemakaian cacap sebaiknya malam hari, sebelum tidur, dan didiamkan sampai pagi hari, baru kemudian dikeramas.


Ketombe

Ketombe terjadi karena adanya pertumbuhan kulit yang terlalu cepat sehingga kulit yang belum sepenuhnya mati didesak untuk gugur. Itulah sebabnya kulit kepala menjadi bersisik dan gatal. Biasanya terjadi juga karena ketidakseimbangan hormon, kesehatan yang buruk, keringat berlebihan, alergi, kurang istirahat, stres, konsumsi berlebihan akan gula, lemak, tepung, kekurangan nutrisi, faktor genetik (keturunan). Atau bisa juga karena penggunaan yang berlebihan hairspray, gel, produk pewarna rambut, pengeriting rambut, cuaca dingin, ruangan yang terlalu panas, penutup kepala yang terlalu ketat, keramas kurang bersih, dan stres. Bagi orang tertentu, jamur Pityrosporum ovale juga bisa menyebabkan ketombe. Jamur ini terdapat pada semua orang dan umumnya tidak menyebabkan masalah.

Pada dasarnya ketombe tidak bisa disembuhkan secara total, apalagi jika Anda tidak bisa menghindari penyebabnya. Yang bisa kita lakukan adalah mengontrolnya. Paling tidak dengan mencuci rambut minimal 3 hari sekali dan membilasnya dengan bersih, sebenarnya sudah cukup. Untuk penderita ketombe, umumnya kulit mengelupas setiap 3 hari. Untuk sampo anti ketombe, tidak ada yang benar-benar ampuh. Sebaiknya Anda coba sampai menemukan yang cocok.

About these ads

13 Tanggapan to "Merawat Rambut Agar Tetap Hitam Berkilau"

menurut qh0 rambut yang sehat itu adlh rmbt yg mahal, contoh nya:

1. rebonding
2. rutin disalon
pokoknya yang mahal mahal dech

salah rambut yang sehat itu adlh rambut yang kuat
dan bersih

Bagaimana perawatan pada rambut yang sudah dicatox agar tidak bercabang?

Saya perempuan yang menyukai rambut yang hitam dan panjang tetapi saya sering memiliki masalah pada rambut yang bercabang. Padahal setiap saya keramas dan mengeringkan rambut dengan handuk selalu dengan cara yang halus, dan saya juga sering memberi vitamin pada ujung-ujung rambut.

Tetapi tetap saja rambut saya selalu bercabang, otomatis saya sering sekali menggunting ujung rambut saya, padahal saya ingin sekali memiliki rambut yang sangat panjang karena itu menggambarkan perempuan sejati, dan sabar hehehehehe…..salam kenal dan thanks infonya.

Bali Villa Bali Villas Bali Property

bagaimana cara agar rambut terlihat hitam berkilau sepanjang hari ..?

Klau rmbut d reb0nding bgus atau tidak ya .?

hemmpp ,,,
rambutku kering aq ingin rambutqu trlihat indah dan tdk kering
bgaimana cranya …
tl0ng ksh inf0 ya …

Bgaimn cra mrwat rmbut yg sdah brcbng mnjd enggak brcbang ? Mnta solusinya dong ..

thankkzzz for saran nya.

tq 4 u’r share ;)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


  • Angie Silitonga: wah makasih bgt y MEDANBUNG !!!!!! sgt membantu ak untk ngerjain tugas MULOK & Biologi ak nih !!!! hoahahahaha padahal ak org MEDAN jg lho !!!!
  • Didi Tikus hanya di TPI satu untuk semua: huh.....................................................huh.....tuh......................................................huh..........................
  • Bob si siput: picetantropus tu apa ya??? hmmmmm............. bingung
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: