MEDAN BUNG

BI setujui merger CIMB Niaga dan Bank Lippo

Posted on: Oktober 17, 2008

PT Bank CIMB Niaga Tbk dan PT Bank Lippo Tbk mengantongi persetujuan Bank Indonesia untuk melakukan penggabungan usaha dan mengangkat Arwin Rasyid sebagai presdir bank hasil merger.

“Kami sangat senang dengan keluarnya persetujuan dari regulator perbankan di Indonesia ini. Kami akan segera menyelesaikan proses merger di mana bank hasil penggabungan ini akan menjadi bank terbesar kelima di Indonesia berdasarkan jumlah aset,” ujar Dato’ Nazir Razak, Group Chief Executive, CIMB Group, dalam siaran pers, hari ini.

Bank CIMB Niaga dan Bank Lippo telah sepakat untuk melakukan konsolidasi terhadap bisnis mereka pada 2 Juni 2008 lalu. Konsolidasi ini memungkinkan Khazanah Nasional Berhad, selaku pemegang saham dari kedua bank, untuk memenuhi tenggat waktu dari peraturan kepemilikan tunggal yang dikeluarkan oleh BI pada 2010. Melalui rencana merger tersebut, CIMB Group akan memiliki 58,7% atau 81,3% saham di Bank CIMB Niaga, tergantung dari jumlah pemegang saham yang memilih untuk tetap bergabung dengan bank yang baru ini.

BI juga memberikan persetujuan atas penunjukkan bankir senior, Arwin Rasyid, sebagai Presdir Bank CIMB Niaga. Arwin, 51, telah menduduki beberapa posisi senior di sektor perbankan nasional, termasuk di antaranya Wakil Presiden Direktur Bank Negara Indonesia, Presiden Direktur Bank Danamon Indonesia, dan Wakil Presiden Direktur Bank Niaga.

“Kekuatan dari CIMB Niaga dan Lippo yang saling melengkapi, dengan didukung oleh model universal banking yang dimiliki CIMB Group, akan memposisikan bank hasil gabungan ini untuk siap berkompetisi serta berkembang dengan efektif di pasar. Saya percaya dengan kemampuan Arwin Rasyid akan membawa bank ini menjadi lebih kuat dan lebih besar serta mencapai kesuksesan yang sangat signifikan,” ujar Nazir.

Dengan keluarnya persetujuan BI, proses merger secara hukum diharapkan dapat selesai pada November 2008, dan proses dari integrasi keseluruhan bisnis bank baru ini diharapkan dapat selesai pada akhir 2009.

Bank CIMB Niaga saat ini secara mayoritas dimiliki oleh CIMB Group Sdn Bhd dengan total kepemilikan sebesar 63,4%. Bank CIMB Niaga menawarkan produk dan pelayanan perbankan konvensional dan syariah yang luas, melalui 255 cabangnya di 47 kota di Indonesia. Bank CIMB Niaga merupakan bank terbesar kedua dalam penyaluran produk KPR (Kredit Pemilikan Rumah). Saat ini, Bank CIMB Niaga adalah bank keenam terbesar di Indonesia berdasarkan jumlah aset dan mempekerjakan lebih dari 6.200 karyawan.

CIMB Group adalah institusi keuangan terbesar kedua di Malaysia dan merupakan kelompok universal banking terkemuka di Asia Tenggara. CIMB Group menawarkan produk dan pelayanan dalam bidang consumer banking, investment banking, Islamic banking, asset management, dan asuransi.

CIMB Group dimiliki oleh Bumiputra-Commerce Holdings Bhd, sebuah perusahaan yang tercatat di Bursa Malaysia dengan kapitalisasi pasar diatas US$10 miliar. CIMB Group mempekerjakan lebih dari 24.000 karyawan di sembilan negara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: