MEDAN BUNG

Inovasi Terbaru Dari Apple

Posted on: Oktober 17, 2008

Apple terus berinovasi. Belum lama meluncurkan laptop tertipis di dunia, MacBook Air, perusahaan ini kembali memperkenalkan jajaran laptop seri MacBook terbaru pada Selasa lalu. Jajaran keluarga MacBook yang diluncurkan tiga hari lalu itu adalah MacBook 13 inci dan MacBook Pro 15 inci.

Semua model ini menawarkan desain baru yang lebih menarik, dengan bahan dari blok aluminium tunggal, sehingga lebih tipis namun tahan lama. Tak mengherankan jika perusahaan pimpinan Steve Jobs itu begitu membanggakannya sebagai produk ramah lingkungan. Produk ini diklaim memenuhi syarat ramah lingkungan, standar Energy Star 4.0, EPEAT Gold dan RoHS.

Sejumlah bahan kimia berbahaya yang terkandung di produk terdahulu, seperti bromine, diganti. Kabel internal dan komponennya hanya menggunakan PVC. Layar monitornya terbuat dari kaca yang bebas arsenik dan tak lagi menggunakan merkuri sehingga lebih efisien menyerap energi.

“Apple telah menemukan jalan baru membuat notebook dari blok aluminium tunggal dan sama pentingnya, ini notebook yang ramah lingkungan,” kata Steve Jobs, Chief Executive Officer Apple. MacBook baru ini menawarkan fitur luar biasa yang akan dicintai pengguna, seperti desain grafis 3D yang hebat dan layar LED-backlit yang luar biasa.

Menurut Jonathan Ive, Wakil Presiden Senior Apple Bidang Desain Industri, notebook tradisional dibuat dari banyak bahan,sedangkan MacBook ini mengganti semua bahan itu dengan satu bahan unibody. Blok tunggal aluminium ini membuatnya lebih tipis, lebih kuat, dan kukuh. Sesuatu yang tak diimpikan sebelumnya.

Jajaran MacBook ini berfitur canggih NVIDIA GeForce 9400M, prosesor grafis 3D terpadu yang revolusioner dengan 16 processing core paralel, yang membuat kinerja meningkat lima kali lipat. Apple memang bekerja sama dengan NVIDIA untuk mengantar prosesor anyar ini ke pasar notebook.

Multi-touch trackpad (mousepad) pada jajaran produk baru ini juga dibuat lebih besar 40 persen dari model sebelumnya. Ini akan membuat pengguna lebih mudah menggerakkan jari, seperti mencubit, memutar, atau menghapus.

Trackpad juga mengizinkan pengguna mengaktivasi fitur Expose atau mengubahnya dengan aplikasi lain menggunakan sentuhan jari. Bukan cuma itu, permukaan trackpad juga berfungsi sebagai tombol sehingga pengguna juga dapat memakainya untuk mengklik.

Setiap anggota keluarga MacBook ini memiliki layar LED-backlit yang hemat energi hingga 30 persen. Apple mengklaim layar yang ultratipis pada produk barunya itu akan menampilkan gambar dan warna lebih hidup, ideal untuk foto dan film.

MacBook baru ini lebih murah US$ 700 ketimbang MacBook Pro. Dengan ketebalan hanya 0,95 inci dan berat 4,5 pon, MacBook 13 inci ini dibanderol mulai US$ 1.299. Prosesor NVIDIA GeForce 9400M-nya akan mempersembahkan permainan game 3D dengan grafis lebih cepat ketimbang generasi sebelumnya. MacBook baru ini tersedia dalam dua model: 2.0 GHz dengan hard drive 160 GB 5.400 rpm dan 2,4 GHz dengan hard drive 250 GB 5.400 rpm, serta backlit keyboard.

Adapun MacBook Pro 15 inci–dengan ketebalan cuma 0,95 inci dan berat 5,5 pon–dipatok mulai US$ 1.999. MacBook Pro memakai prosesor Intel Core 2 Duo 2,8 GHz. Laptop ini memungkinkan pengguna mengubah NVIDIA GeForce 9400 M untuk menghemat baterai atau, jika ingin performa lebih tinggi, dengan NVIDIA GeForce 9600M GT. Seri ini juga tersedia dalam dua model: 2,4 GHz berkapasitas hard drive 250 GB 5.400 rpm dan 2,53 GHz dengan 320 GB 5.400 rpm.

Apple juga memperbarui MacBook Air dan MacBook Pro 17 inci. MacBook Air baru lebih tipis; ketebalan 0,16 inci dan berat cuma 3 pon. Harganya juga tak beda dengan model awal, mulai US$ 1.799. MacBook Air pembaruanini tersedia dengan hard drive 120 GB 4.200 rpm, lebih besar 50 persen dari model sebelumnya.

Adapun MacBook Pro 17 inci tetap dengan desain orisinal aluminium, namun kapasitas hard drive-nya lebih besar, 320 GB. Jadi, tinggal pilih salah satu dari keluarga MacBook terbaru ini. DIMAS | MARKETWATCH | MACWORLD | APPLE.COM

BOOKMARK
Unibody: Desain atau teknik untuk mengkonstruksi sebuah perangkat. Bodi perangkat itu terintegrasi dengan sasis, mengurangi frame terpisah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: