MEDAN BUNG

Alternatif Pilihan dari Daihatsu

Posted on: November 12, 2008

Seorang tetangga tergopoh-gopoh mendatangi Tempo akhir pekan ini. Di tangannya terselip lipatan koran. “Mas, benar pemerintah mau menurunkan harga premium?” tanyanya. “Iya, 500 rupiah,” ucap saya. “Wah ngebantu banget. Soalnya mobil saya rada boros nih,” kata si tetangga lagi.

Konsumsi bahan bakar memang menjadi salah satu faktor yang mendapat perhatian serius konsumen mobil. Tentu saja selain konsep, desain, teknologi, fitur, harga serta value for money kendaraan tersebut.

Meski harga premium per Desember nanti akan diturunkan dari Rp 6.000 menjadi Rp 5.500, tetap saja soal harga bahan bakar mempengaruhi pilihan pembeli kendaraan. Nah, di sinilah kesempatan bagi model-model kendaraan bermesin kecil menjadi idola. Salah satunya adalah PT Astra Daihatsu Moor (ADM) selaku pemegang merek Daihatsu di Indonesia, yang menawarkan tampilan baru Daihatsu Sirion.

“Konsep penyempurnaan Sirion ini adalah fresh and dynamic city car yang disesuaikan dengan tren dan gaya hidup konsumen kami, khususnya kawula muda. Karena itu, kami melakukan penyempurnaan pada Daihatsu Sirion dengan tampilan eksterior yang lebih sporty dan interior yang lebih mewah,” kata Vice President Director PT ADM Sudirman M.R.

Dengan sasaran anak muda, Sirion baru ini didandani supaya terlihat lebih manis dan berselera anak muda. Meski disebut minor change, New Sirion mengalami perubahan lumayan signifikan dari tampilan eksteriornya. Dari depan, samping, sampai bagian buritan mendapat polesan baru. Bagian interior juga diperbarui pada bagian dashboard dan jok.

Yang patut mendapat perhatian adalah sumber tenaga Sirion. Mobil berpenumpang lima orang ini tetap memakai mesin tipe K3-VE DOHC VVT-i 16-valves. Mesin yang sama juga terpasang pada Daihatsu Xenia Xi dan Toyota Avanza 1.3L.

Nah, berbekal mesin yang tak terlalu besar, diharapkan efisiensi penggunaan bahan bakar pun tidak seboros pesaingnya yang bermesin lebih tinggi.

Dalam rilis PT ADM disebutkan, Sirion memiliki tenaga 92 PS pada 6.000 rpm dengan torsi maksimum 12,2 Nm pada 4.400 rpm. Cukup efektif untuk menggerakkan mobil berdimensi panjang 3.660 milimeter (3.720 mm untuk tipe M), lebar 1.665 mm, dan tinggi 1.550 mm (1.585 mm untuk tipe M) ini.

Apalagi sistem bahan bakar sudah menggunakan teknologi EFI (electronic fuel injection), sehingga kapasitas tangki bahan bakar 40 liternya diharapkan tak terlalu sering diisi.

Soal harga, per Oktober 2008 New Sirion dipasarkan Rp 131,7 juta (1.3 D Manual), Rp 136,2 juta (1.3 D Manual Sport), Rp 145 juta (1.3 D Matic Sport), Rp 136,5 juta (1.3 M Manual Sport), dan Rp 146,5 juta (1.3 M Matic Sport).

Dengan harga termurah–jika dibandingkan dengan mini MPV lainnya–Daihatsu berani menaikkan target penjualan. “Sejak diperkenalkannya Sirion tipe D dan M pada Mei 2008, jumlah permintaan atas Sirion kian meningkat hingga mencapai 350 unit per bulan. Dengan adanya New Sirion ini, kami optimistis target penjualan sebesar 400 unit per bulan dapat tercapai,” kata Chief Executive Officer PT Astra International-DSO Suparno Djasmin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: