MEDAN BUNG

AMD tidak mau ikutan bisnis laptop kecil

Posted on: November 17, 2008

Produsen prosesor komputer pesaing Intel Corp., Advance Micro Devices (AMD) ternyata tak mau terjun ke bisnis laptop kecil dan ringin atau sering disebut Netbook. Mereka tak mau ikut-ikutan Intel yang mengeluarkan prosesor khusus Netbook yakni Intel Atom atau Via yang juga mengeluarkan chip serupa.

“Kami mengabaikan fenomena Netbook, laptop yang cuma memikirkan bentuk ringan” kata bos AMD, Dirk Meyer, Kamis (13/11).

Pernyataan itu mengejutkan banyak orang. Namun Bahr Mahony, direktur produk laptop dari AMD menegaskan, “Kami akan menawarkan platform alternatif yakni Congo dan Yukon.” Menurut Mahony, banyak orang tak puas dengan Netbook.

Saat ini di pasar banyak beredar Netbook. Acer, misalnya, mengeluarkan Acer Aspire One dengan prosesor Intel Atom 270 kecepatan 1,6 Gigahertz. Sebelumnya, HP mengeluarkan HP Mininote 2133 dengan prosesor Via kecepatan 1,2 Gigahertz. Asus, Dell, dan Lenovo juga menggarap pasar serupa.

Pernyataan itu berbeda dengan prediksi produsen Netbook, Asus dan Acer. Dua produsen laptop dan netbook dari Taiwan itu justru percaya, kini tren orang justru ingin memiliki netbook.

Kendati AMD berkukuh dengan strateginya. Menurut CNET, AMD cenderung mengincar pasar yang lebih besar dan lebih baik ketimbang Netbook. Mereka mengincar pasar laptop ringan seperti MacBook Air keluaran Apple yang terbukti sukses di pasar Amerika. Mereka ingin menawarkan laptop ringan, dengan layar 13 inchi tapi tidak dengan harga semahal MacBook Air. MacBook Air dan laptop ringan sekelasnya dijual di atas US$ 1.800 (Rp 18 juta dengan kurs Rp 10 ribu per dolar).

AMD mengincar pasar laptop segmen ini tapi dengan harga sekitar US$ 600 sampai US$ 700 (Rp 6 sampai 7 juta, dengan kurs Rp 10 ribu per dolar). Dua produk ini diyakini banyak kalangan juga ditujukan untuk pasar Netbook.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: