MEDAN BUNG

Dihancurkan Sepatu Pelempar Bush

Posted on: Desember 19, 2008

Hakim penyelidik mengungkapkan aparat keamanan sempat memeriksa sepatu Zaidi itu untuk memastikan ada-tidaknya bahan peledak di dalamnya.

Sepasang sepatu itu diperiksa oleh aparat keamanan Irak dan Amerika, lalu dihancurkan, kata hakim yang menolak disebutkan identitasnya kepada kantor berita AFP.

Insiden pelemparan sepatu ke arah Bush itu terjadi pada Senin lalu dalam acara jumpa pers bersama antara Bush dan Perdana Menteri Nuri Kamal al-Maliki di Ibu Kota Bagdad. Dua lemparan yang disertai dengan makian itu meleset.

Meski tidak ada bukti, hakim menegaskan penyelidikan bakal terus berlangsung. “Karena Zaidi sudah mengakui perbuatannya dan gambar televisi membenarkan kejadian itu,” ujar sang hakim.

Kepada Tempo, satu dari 285 anggota tim pengacara Zaidi, Ziad Najdawi, mengatakan pihak keamanan telah mematahkan tangan kanan dan rusuk kliennya. “Keluarga dan pengacara juga dilarang menjenguk,” katanya.

Ia mengungkapkan, saat ini Zaidi dikurung di kantor intelijen Irak. Kontroversi perihal tindakan Zaidi masih terus berlanjut. Sidang parlemen Irak juga ricuh saat membahas sebuah beleid yang akan mewajibkan penarikan pasukan non-Amerika di Negeri Dua Sungai itu pada tahun depan. Pembahasan terjadi bersamaan dengan kunjungan mendadak Perdana Menteri Inggris Gordon Brown ke negara itu yang juga mengumumkan tentaranya akan dipulangkan pada Juli 2009.

Kericuhan bermula dari gagasan blok Muqtada Sadr yang anti-Amerika untuk membahas kasus Zaidi. Kelompok Syiah garis keras ini mendesak pemerintah segera membebaskan Zaidi. Mereka juga menentang pakta keamanan bersama yang telah diteken dan menuntut penarikan seluruh pasukan asing dari Irak pada akhir tahun ini.

Debat kian panas antara kubu Sadr dan pemerintah. Suara mereka kian tinggi. Situasi itu membuat ketua parlemen Mahmud Mashadani marah dan menyatakan berhenti. “Saya tidak dapat bekerja dalam situasi seperti ini!” ia berteriak. Belum ada kepastian apakah ia benar-benar mundur dari jabatannya.

1 Response to "Dihancurkan Sepatu Pelempar Bush"

setuju zaidi dibebaskan….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: